September, 2015

now browsing by month

 

Mahasiswa IAIN Bengkulu Menjadi Pemandu Wisata Di Simposium Internasional

Untitled

Perhelatan besar berskala internasional “International Symposium on Indonesia Giant Flowers Rafflesia and Amorphophallus 2015” baru saja dilaksanakan, pada tangal 14-16 September 2015. M. Syahwalan prodi HTN dan Melia Sari prodi PBI  berkesempatan untuk menjadi guide (pemandu wisata) bagi para delegasi dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Malaysia, Prancis, Singapura, dan beberapa negara peserta lainnya.

Seperti yang diungkapkan oleh Melia Sari dan M. Syahwalan, “Acara Simposium tersebut sangat menarik, karena  sebagai pemandu wisata, ia bisa mempromosikan budaya-budaya Bengkulu kepada para delegasi dari berbagai negara. Selanjutnya Melia Sari juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Bpk. Reko Serasi, M.A yang telah memilih dirinya dan M. Syahwalan untuk menjadi Guide (Pemandu Wisata) pada acara tersebut.

Acara Simposium internasional tentang bungan Rafflesia dan Amophophallus (Bunga Bangkai) yang dihelat di Provinsi Bengkulu ini merupakan event berskala internasional, dimana para peneliti dari berbagai negara datang untuk melihat langsung bunga-bunga tersebut dihabitat aslinya. Selain itu, mereka juga berdiskusi serta menentukan langkah-langkah konkret dalam upaya pelestarian 2 jenis bunga raksasa yang telah menjadi ikon bagi Indonesia dan provinsi Bengkulu khususnya.

Dengan kedatangan para delegasi dari berbagai negara, maka dibutuhkanlah para pemandu wisata. Reko Serasi, M.A yang menjadi bagian dari simposium tersebut dan menjadi ketua pelaksana pelatihan Pramuwisata bagi mahasiswa IAIN Bengkulu tahun 2015 yang dilaksanakan oleh Pusat Bahasa, Kajian Islam dan Kebudayaan IAIN Bengkulu menilai bahwa acara ini merupakan kesempatan yang bagus bagi mahasiswa IAIN Bengkulu untuk terjun langsung mempraktekkan skill yang telah mereka peroleh dari pelatihan yang telah dilaksanakan.

Pusat Bahasa, Kajian Islam dan Kebudayaan (PUSBAKIK)  IAIN Bengkulu akan terus berusaha mengembangkan kemampuan mahasiswa IAIN Bengkulu dalam berbgai bidang. Disamping itu, PUSBAKIK IAIN Bengkulu akan terus mencarikan dan menginformasikan kesempatan bagi mahasiswa IAIN Bengkulu untuk mempraktekkan skill mereka.