BERITA

now browsing by category

 

Festival Bulan Bahasa 2017

IMG-20171026-WA0011 (1)

PUSBAKIK IAIN Bengkulu baru saja meramaikan momen Bulan Bahasa dengan rangkaian lomba dan seminar selama 3 hari, 26-28 Otober 2017. Lomba-lomba yang diadakan dalam event ini berhubungan dengan budaya dan bahasa, yaitu Lomba menyanyikan lagu daerah, tari daerah, scrabble, speech, MTQ,  spelling bee, kaligrafi, pidato bahasa arab, da’i/da’iah, baca puisi dan  story telling. Kegiatan  ini diikuti oleh siswa-siswa SMP dan SMA seprovinsi Bengkulu.

Festival Bulan Bahasa ini sesuai dengan salah satu komitmen PUSBAKIK IAIN Bengkulu yaitu menyediakan wadah bagi para pelajar untuk mengembangkan bakat dan kemampuan bahasa dan budaya.

Perlombaan ini memperebutkan Tropi dan Piala bergilir Rektor, serta uang pembinaan. Kegiatan Bulan Bahasa ini  ditutup dengan seminar bertema “Lestarikan Bahasa dan Budaya Daerah, Cintai Bahasa Indonesia, Kuasai Bahasa Asing” yang menghadirkan Riri Damayanti Jhon Latief, S.Psi, anggota DPD/MPR RI.

 

Matrikulasi Bahasa Asing

Matrikulasi Bahasa

Bahasa Arab dan Bahasa Inggris merupakan dua bidang studi pokok yang diajarkan dalam waktu 4 (empat) semester setelah mahasiswa dinyatakan lulus testing masuk sampai dengan semester akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu faktor penghambat penyelesaian studi mahasiswa IAIN Bengkulu yaitu lemahnya penguasaan dan kemampuan berbahasa, baik secara pasif maupun aktif, di antaranya bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Solusi yang ditawarkan adalah dengan melaksanakan kegiatan Matrikulasi bahasa Arab dan bahasa Inggris yang disesuaikan dengan kemampuan dasar setiap mahasiswa, program tersebut diwajibkan bagi mahasiswa yang dinyatakan belum lulus bahasa arab dan bahasa inggris berdasarkan nilai yang diperoleh dari kegiatan Placement Test Bahasa Arab dan Bahasa Inggris yang telah dilaksanakan oleh PUSBAKIK.

Matrikulasi Bahasa juga menyediakn buku bahan ajar yang disampaikan tersusun dan terprogram dengan baik, karena selama ini mahasiswa di IAIN Bengkulu sangat  kurang daya belinya terhadap buku, khususnya yang berhubungan dengan bahasa.

Dengan diadakannya matrikulasi bahasa Arab dan bahasa Inggris, diharapkan akan memudahkan proses belajar mengajar yang kondusif antara mahasiswa dengan dosen pada semester selanjutnya.

Seterusnya diharapkan dapat memudahkan para dosen untuk saling berkoordinasi sehingga dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami bahasa asing.

Matrikulasi bahasa tahun 2016 ini telah dilaksanakan mulai tanggal 17 September 2016. Terdiri dari 24 kelas Bahasa Arab dan 24 kelas Bahasa Inggris. Instruktur adalah dosen-dosen Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dari internal IAIN Bengkulu.